ARTIKEL

Rencanakan Karir Anda Sedini Mungkin

 

Pernahkah anda berpikir secara serius mengenai apa yang akan anda lakukan dengan hidup anda? Apakah anda sering bermimpi untuk mendapatkan karir yang sesuai dengan minat dan kemampuan anda? Atau apakah anda ingin berakhir seperti kebanyakan lulusan sarjana lain yang tidak memiliki arah masa depan yang jelas, dan pada akhirnya terpaksa bekerja di perusahaan yang tidak mereka inginkan. 

 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut diajukan oleh John G. Bendt sebagai pengantar dalam bukunya yang berjudul A Roadmap to Career Success : 25 Tips for College Bound Students. Bendt menyebutkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh kebanyakan lulusan sarjana selama ini adalah kurangnya persiapan dan perencanaan yang matang mengenai karir dan kehidupan mereka setelah meninggalkan bangku kuliah. Seharusnya, persiapan mengenai karir masa depan sudah dilakukan oleh mereka semenjak masih duduk di bangku SMA. 

 

Bendt menceritakan contoh kasus mahasiswa Amerika yang berhasil mendapatkan pekerjaan yang diimpikannya karena ia tahu persis apa yang diinginkannya dalam hidup. Sejak masa SMA, mahasiswa tersebut sudah rajin mengeksplorasi dan mencari tahu berbagai jenis pekerjaan yang ada. Pada akhirnya, dia memutuskan bahwa marketing adalah bidang yang pas untuknya. Mahasiswa tersebut juga mengambil kursus Spanyol untuk menambah skillnya. 

 

Ternyata kerja kerasnya selama ini tidak sia-sia. Setelah lulus kuliah, mahasiswa tersebut berhasil diterima di sebuah perusahaan advertising agency. Yang lebih menggembirakan lagi, skill bahasa Spanyol yang ia dapatkan melalui kursus semenjak SMA juga terpakai, karena rata-rata klien perusahaan tersebut adalah orang Spanyol.

 

Jadi buat sobat Souja yang masih bingung ingin berkarir di bidang apa selepas dari bangku kuliah, belajarlah dari contoh kasus mahasiswa Amerika tersebut. Cari tahu sebanyak mungkin informasi mengenai jenis-jenis pekerjaan sedini mungkin. Semakin cepat sobat Souja mendapat informasi, maka sobat Souja dapat mempersiapkan skill yang dibutuhkan oleh perusahaan secara lebih matang. Tentunya sangat penting untuk memiliki berbagai macam skill agar kesempatan bekerja di berbagai perusahaan terbuka lebar untuk kalian. Selamat bereksplorasi! 

Penulis: Indy Bintoro

Sumber: http://www.soulofjakarta.com/index.php?modul=rencanakan-karir-anda-sedini-mungkin.html&id=NzE5&kat=5

Sumber gambar: head4success.com

 


Artikel terkait:

Lowongan

Pencarian :