ARTIKEL

Pentingnya Mengunjungi Bursa Kerja Bagi Mahasiswa

Ada beragam keuntungan bagi mahasiswa apabila mengunjungi gelaran bursa kerja/job fair/career days. Apa saja?

“Career Days bukan hanya menghadirkan perusahaan yang menyediakan lowongan kerja tetapi juga disertai fasilitas pengembangan diri seperti konseling karir,” papar Galuh Setia Winahyu, People Development Supervisor ECC UGM, yang akrab disapa Galuh.


Itu artinya, Career Days tidak hanya ditujukan untuk para pencari kerja tetapi juga mahasiswa. Lalu sejauh ini, bagaimana mahasiswa menyikapi Career Days atau job fair?

 

Alasan mengikuti Career Days

Tidak sedikit peserta yang datang ke jobfair dengan alasan untuk melamar pekerjaan saja. Hal ini diakui oleh Taufan Audah, mahasiswa D3 Ekonomi Terapan UGM. Taufan, sapaan akrabnya, pernah mengikuti jobfair yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di PKKH UGM. Di acara tersebut, Taufan hanya berniat mencari-cari lowongan pekerjaan saja.

Dalam mengikuti jobfair, mahasiswa yang akan wisuda di bulan Mei mendatang memiliki harapan yang berbeda. Taufan rajin mengumpulkan profil perusahaan dan menyimpan kontak yang bisa dihubungi. “Saya ingin mengetahui profil perusahaan secara detail dengan menanyakan langsung ke perusahaan terkait. Harapannya, apabila nanti sudah menjadi jobseeker, saya akan mendapatkan pekerjaan pada perusahaan yang saya apply,” paparnya.

Pentingnya Career Days bagi mahasiswa

Pada dasarnya, jobfair ditujukan untuk para jobseeker. Namun, Galuh menerangkan bahwa Career Days pun penting diikuti oleh mahasiswa. “Jika ada mahasiswa tingkat akhir yang ingin bertemu dan berinteraksi dengan perusahaan  atau pun mencari tahu gambaran situasi mencari kerja, silakan langsung datang ke area job fair,” lanjut Galuh. Kenapa?

Sebab, Career Days atau jobfair merupakan tempat bertemunya jobseeker dan pihak perusahaan secara langsung. Dengan demikian, mahasiswa dan jobseeker  tidak hanya bisa melamar pekerjaan tetapi juga mengetahui gambaran situasi kerja di perusahaan. Galuh berharap, jobseeker dapat memanfaatkan Career Days untuk mengenali perusahaan yang akan dilamar dengan menggali informasi seputar perusahaan sebanyak-banyaknya.

Jobseeker juga akan mendapat gambaran perusahaan mana yang cocok dan perusahaan mana yang tidak cocok dengan dirinya. Jadi datang saja ke Career Days karena akan banyak sekali manfaatnya bagi jobseeker,” pungkas Galuh.

Sumber berita:http://careernews.web.id/tips/view/2468-Pentingnya-Mengunjungi-Career-Days-Bagi-Mahasiswa

Penulis    : Tri Puspitasari
Editor     : Vinia Rizqi, Rifki Amelia
Grafis     : Tongki A.W.


Artikel terkait:

Lowongan

Pencarian :